Ping blog supaya cepat ke indeks mesin penelusuran Google

Fungsi Ping blog ialah supaya cepat terindeks dan bisa diartikan dengan atau lebih tepatnya memanggil robot search engine (mesin pencari) semisal Google. Supaya robot dapat cepat menjelajahi halaman situs web atau blog yang di ping kan ke Google.

Sebenarnya kalau situs web ataupun blog kita sudah terdaftar dan ada sitemap (peta situs) di Google melalui layanan Google Webmaster Tools maka robot Google akan mengindeks setiap halaman baru dari website/blog maupun situs kita.

Hanya saja waktu robot Google untuk mengindeks halaman baru dari blog kita tidak pasti.  Kadang kala bisa cepat dan bisa juga lambat, dan sering kalinya lambat karena blog kita baru berkenalan dengan search engine Google.

Oleh karena itu perlu adanya pemanggilan robot (ping) agar Website maupun blog kita dapat segera di crawl (dijelajahi) oleh robot Google (Googlebot) sehingga cepat masuk database hasil pencarian Google.

Adapun cara ping manual ke Google adalah sebagai berikut:

· Klik Disini
· Masukkan alamat url yang akan di ping ke Google
· Klik tombol Submit Blog
· Selesai

Maka Googlebot akan berkunjung ke blog Anda untuk merayapi halaman url yang tadi Anda kirim (ping)

Ping ini juga sarana yang berguna untuk memanggil mesin pencari dan direktori akan adanya pembaruan konten atau artikel dalam blog kita. Dan jangan terlalu sering melakukan ping agar tidak di anggap spam oleh Google.