Fungsi dan pengertian Privacy Policy pada website

Privacy Policy merupakan Kebijakan Privasi dari sebuah blog atau situs web yang tentunya dibuat oleh pemilik blog itu sendiri. Dengan membuat privacy policy di blog Anda artinya menjadi dasar bahwa blog/web tersebut benar-benar akan ditekuni dan menjadi lebih baik dalam perkembangannya.

Adanya kebijakan privasi ini, pembaca dapat mengetahui ketentuan-ketentuan atau kebijakan yang ada dalam blog/web tersebut sehingga pembaca pun dapat mematuhi peraturan yang ada di privacy policy.

Apakah jenis situs yang memerlukan kebijakan privasi?
Semua situs blog/web atau layanan yang mengumpulkan data dari pengguna, melacak pengguna dengan analisis, atau menampilkan iklan membutuhkannya.
Bagi pemilik jenis blog/web dengan tujuan apapun sangat penting untuk memiliki halaman yang berisikan tentang kebijakan privasi (privacy policy). Kebijakan privasi ini secara teknis adalah dokumen hukum, upaya besar harus dilakukan untuk menyusun dokumen kebijakan ini agar tercipta dokumen yang akurat dan mudah dimengerti, dan tanpa ada hal yang tersembunyi. Ini berisi rincian informasi tentang pandangan dan prosedur situs blog/web Anda pada informasi yang dikumpulkan dari pengunjung.
Dan dibawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai alasan kenapa Anda sebagai pemilik blogger/website harus memiliki Kebijakan Privasi yang harus terpasang pada blogger/website Anda.

Mengapa Setiap blogger/Website harus terdapat Kebijakan Privasi (privacy policy)
Kebijakan Privasi tidak hanya penting bagi pemilik blogger/website namun lebih penting lagi bagi pengguna Karena pentingnya untuk melindungi informasi pribadi mereka secara online. Meskipun Anda hanya memiliki sebuah blog sederhana, dan hanya mengumpulkan alamat email pelanggan untuk newsletter bulanan, akan sangat penting untuk memberitahu pengguna mengenai informasi apa yang Anda kumpulkan di blog, dan bagaimana informasi pengguan tersebut akan digunakan, dan siapa yang akan memiliki akses ke informasi tersebut. Semua hal tersebut harus terdapat dalam isi kebijakan privasi.

Melihat pentingnya Kebijakan privasi seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara cepat dan mudah untuk membuat kebijakan privasi (Privacy Policy) untuk website atau blog Anda.
Untuk membuatnya mari kita manfaatkan website yang menyediakan layanan untuk membuatkan dokumen privacy policies. Website tersebut adalah Websitepolicies.com, ikuti petunjuk dan jawab pertanyaannya, lalu download atau copy teks privacy yang dibuat.
ini merupakan situs online yang mengijinkan Anda untuk dengan cepat menciptakan kebijakan privasi untuk website Anda.