Tentang sejarah Blog

Blog singakatan dari Weblog, yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger kurang lebih sekitar bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang diupdate secara continue dan bisa menempelkan link-link ke website lain yang membuat menarik dan dapat berinteraksi langsung dengan narasumber yang bisa disebut komentar.

Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada blog dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan file-file yang menarik dan gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, dalam artian untuk orang yang membuat blog itu sendiri.
Seiring dengan perkembangn  dari waktu ke waktu, dengan ide-ide dan kemajuan para Blogger.
Blogger sebutan kepada para pembuat Blog atau para penulis artikel di blog.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993.

Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, karna harus faham dan menguasai HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang IT, System Administrator atau Web Designer.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog atau yang dikenal sekarang blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti kolom komentar dan lainnya yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar tentang artikel, sharing, kritik  dan saran untuk penulis blog tersebut.